Cara Menanam Jagung Manis yang Mudah dan Pasti Berhasil!

Jagung menjadi salah satu komoditas utama sumber pangan yang sejajar dengan padi, cabai, bawang, dan lain-lainnya. Bahkan terkadang jagung menjadi pengganti makanan nasi apabila harga beras mendadak melambung tinggi. Cara menanam jagung manis bisa dilakukan dengan sangat mudah karena tanaman satu ini cepat beradaptasi dengan berbagai jenis lahan. Yang penting untuk diperhatikan adalah pross perawatan budidaya jagung ini harus benar-benar diperhatikan karena sangat rawan dihancurkan oleh hama belalang. Oleh karena itu, setiap petani jagung harus mengetahui bagaimana cara penanamannya dengan benar dan tepat.

Cara Membuat Bibit Jagung Unggul Sendiri

ara Membuat Bibit Jagung Unggul Sendiri

Meskipun membeli bibit jagung manis bisa dilakukan dengan mudah, akan lebih maksimal apabila Anda membuat sendiri bibit jagung yang unggul. Caranya juga tidak terlalu rumit karena Anda hanya membutuhkan jagung manis yang telah siap dipanen untuk diambil isinya. Berikut ini cara-caranya.

#Petik Jagung Manis yang Bagus

Cara membuat bibit jagung unggul sendiri yang pertama adalah dengan memetik sendiri jagung manis yang bagus. Setelah memetiknya, biarkan berada di tempat yang terbuka selama satu malam saja.

#Gantung Jagung

Buka lapisan luarnya atau klobot. Cukup tiga lapis saja dan tidak perlu dibuka hingga kulitnya benar-benar terkelupas. Agar tetap aman, pastikan untuk menggantungnya di dapur ataupun di tempat tertutup lainnya, yang penting jangan sampai terpapar sinar matahari.

#Potong Jagung agar Mudah Dipipil

Cara menanam jagung manis yang selanjutnya pada bagian pembuatan bibit unggul adalah dengan mengupas kulit secara keseluruhan. Setelah itu, potong bagian ujungnya dengan jarak 2,5 cm dan untuk bagian pangkalnya dipotong kecil membentuk 4 biji.

#Pipil Jagung

Setelah dipotong dengan benar, Anda bisa langsung melakukan pemipilan satu persatu. Pada tahapan ini memang dibutuhkan kesabaran yang ekstra. Tidak perlu dipipil semuanya karena Anda hanya perlu memilih jagung dengan deretan lurus.

#Rendam Hasil Pipil Jagung

Cara membuat bibit jagung manis yang selanjutnya adalah dengan merendamnya di dalam air. Sebelum itu, pastikan dulu Anda sudah memasukkan cairan Ridomil di dalam air tersebut. Hal ini bertujuan agar tidak ada racun di setiap pipilnya. Rendam selama kurang lebih 1-2 hari.

Beginilah Cara Menanam Jagung Manis

Beginilah Cara Menanam Jagung Manis

Setelah mengetahui cara untuk membuat bibit jagung manis yang unggul, selanjutnya adalah beralih pada cara menanam jagung manis. Anda hanya membutuhkan lahan yang strategis agar selama proses perawatan dan pemanenan jagung ini tidak mengalami kendala apapun. Berikut ini beberapa tahapan yang harus dilakukan.

#Mengolah Lahan

Proses pengolahan lahan sebenarnya adalah hal yang cukup mudah untuk dilakukan. Pertama-tama pastikan untuk mencangkul tanah dengan baik dan biarkan selama satu minggu agar nantinya bisa langsung siap ditanami. Pada saat mencangkul, jangan lupa juga untuk selalu membersihkannya. Pastikan Anda mencangkul dengan baik dan juga membersihkannya secara maksimal karena sampah bisa jadi menghambat kesuburan tanah.

Jangan lupa juga untuk mengecek ph tanah. Apabila ph kurang dari 5, maka Anda bisa menambahkan beberapa bahan kapur dolomit agar membuatnya tetap produktif. Tentunya juga tidak lupa untuk mengimbanginya dengan menambahkan pupuk kandang. Agar lahan bisa semakin bagus, buatlah sebuah drainase yang bisa menampung air hujan agar nantinya tidak sampai membuat genangan pada lahan jagung manis.

#Proses Penanaman

Cara menanam jagung manis selanjutnya adalah dengan menyiapkan bibit unggul yang sebelumnya telah dibuat. Anda perlu membuat lubang dengan jumlah tertentu yang masing-masing kedalamannya sekitar 2-3 cm. Pada masing-masing lubang tersebut, cukup masukkan  2 atau 3 butir bibit jagung manis saja. Jangan memasukkan dalam jumlah yang terlalu banyak karena hal tersebut justru tidak ideal. Lalu, setelah itu pastikan menutup kembali lubang yang telah digali menggunakan campuran pupuk kandang dan siram secara rutin.

Pada ukuran tanah, kebutuhan bibit jagung per hektar adalah sekitar 8 hingga 9 kg banyaknya. Pastikan untuk tidak membuatnya memiliki jumlah yang lebih karena bisa membuat pertumbuhan jagung manis menjadi kurang maksimal. Anda bisa membaginya secara rata atau menentukan dengan jumlah butir yang konsisten. Selain itu, pastikan untuk membuat jarak antara satu lubang dengan lubang yang lainnya sekitar 60-70 cm agar hasilnya bisa lebih maksimal.

#Proses Pemeliharaan

Setelah proses penanaman berhasil, cara menanam jagung manis selanjutnya adalah dengan memelihara lahan dengan sangat baik. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena mampu mempengaruhi tingkat kesuburan tanah dan juga tingkat produktivitas jagung. Jika setelah satu minggu proses penanaman ada bibit yang tidak tumbuh dengan baik, maka Anda bisa menggantinya dengan bibit unggul lainnya. Yang terpenting jangan masukkan terlalu banyak bibit, cukup dua butir saja.

Setelah masa dua minggu, Anda harus membersihkan beberapa rumput-rumput liar yang mungkin tumbuh. Hal ini perlu dilakukan agar pertumbuhan jagung manis tidak akan mengalami kendala. Jika ingin lebih maksimal, Anda bisa menggunakan cangkul dan membersihkan gulma yang bertebaran sekaligus. Selain itu, jangan sampai Anda menggunakan bahan pestisida untuk penyemprotan karena hanya akan membuat pertumbuhan jagung menjadi tidak sehat.

#Penyiraman dan Pemupukan Susulan

Penyiraman secara rutin tentunya merupakan hal yang sangat diperlukan, terlebih hal tersebut demi keberlangsungan pertumbuhan jagung manis. Selain itu, penyiraman juga berguna untuk selalu menjaga tingkat kelembaban tanah sehingga tidak mungkin menjadi kering. Cara menanam jagung manis ini terkadang sering kali kurang diabaikan oleh para petani jagung, padahal jagung tetap membutuhkan suplay air yang cukup banyak.

Tidak hanya itu, pastikan juga untuk beberapa kali melakukan pemupukan secara susulan. Pemupukan secara susulan akan sangat berguna untuk menjadikan tanah tetap kaya akan adanya unsur hara. Dengan begitu, pertumbuhan jagung manis bisa terjadi secara maksimal. Namun, yang harus diketahui adalah pemupukan susulan hanya boleh dilakukan ketika usia jagung manis mencapai 2 bulan.

#Pemanenan

Sebenarnya, waktu pemanenan jagung manis sedikit berbeda-beda antara satu varietas dengan varietas lainnya.  Hal ini juga bergantung pada jenis bibit yang digunakan. Umumnya, jangka waktu yang biasa terjadi untuk kemudian melakukan panen adalah sekitar 60-150 hari lamanya. Jika Anda menanamnya pada dataran rendah, maka masa pemanenan bisa dilakukan berkisar antara 50-100 hari saja.

Namun, cara menanam jagung manis di dataran tinggi juga bisa Anda lakukan tanpa perlu mengkhawatirkan masa panen. Sebab, yang terpenting adalah proses perawatan dan pemeliharaan yang maksimal sehingga bisa menghasilkan jagung manis berkualitas. Nantinya, setelah semua jagung manis dipanen, sangat disarankan untuk membiarkannya berada di tempat yang terbuka. Nah, itulah informasi seputar cara menanam jagung manis yang perlu Anda perhatikan. Pada dasarnya, cara tersebut sama saja dengan penanaman jagung biasa dan yang membedakannya adalah pada bibit yang ditanam. Untuk itu, Anda perlu mencari bibit jagung manis yang benar-benar unggul jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.