Cara Menanam Lidah Buaya Dengan Benar

Sebagian besar orang tentu sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Terlebih untuk para wanita yang sering menggunakannya sebagai bahan-bahan untuk merawat kulit tubuh. Tanaman ini sudah sangat terkenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat, baik untuk perawatan kulit atau rambut. Selain untuk kecantikan, lidah buaya juga dapat diolah menjadi makanan yang enak, misalnya manisan lidah buaya. Oleh karena itu, banyak sekali yang ingin menanam lidah buaya di rumah. Bagi kalian yang ingin menanam lidah buaya, berikut ini adalah penjelasan mengenai cara menanam lidah buaya dengan benar.

Cara Menanam Lidah Buaya dan Penjelasannya

Lidah buaya sendiri pertama kali ditemukan di kawasan Afrika, tanaman ini hampir mirip dengan tanaman kaktus. Sebab, lidah buaya juga menyimpan bahan makanan di dalam batangnya, tanaman ini juga memiliki akar yang panjang mirip seperti kaktus. Kini, lidah buaya sudah digunakan untuk berbagai bahan kecantikan dengan proses pengolahan dan pengembangan yang semaki maju.

Karena dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit dan rambut, proses penanaman dan pengolahan tanaman ini semakin berkembang dan meningkat. Terlebih sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan tanaman ini sebagai bahan utamanya.

Cara menanam lidah buaya juga ada beberapa macam, mulai dari menggunakan batangnya langsung, atau dengan menggunakan anakannya.

Sedangkan cara menanam lidah buaya berdasarkan tempat, dibedakan menjadi dua yaitu langsung menggunakan tanah atau ladang dan ada yang menggunakan polybag atau pot. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda contoh di rumah:

Cara menanam lidah buaya dengan menggunakan batang

Cara menanam lidah buaya dengan menggunakan batang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa ada beberapa cara menanam lidah buaya. Salah satunya yaitu dengan menggunakan batang atau daunnya. Namun, perlu Anda ketahui bahwa menanam lidah buaya menggunakan batangnya, kemungkinan tidak dapat mengeluarkan akar.

Meskipun masih berupa kemungkinan bahwa lidah buaya bisa tumbuh, tapi itu adalah kemungkinan kecil. Sebab banyak faktor, misalnya terkait kelembapan pada lidah buaya yang tinggi. Hal ini akan menjadikan lidah buaya membusuk sebelum akarnya keluar. Oleh karena itu, Anda harus memilih batang lidah buaya dengan benar. Carilah daun yang berukuran 8 cm atau lebih. Semakin besar dan tinggi, akan semakin baik dalam penggunaan batang sebagai benih atau cara menanam lidah buaya yang bisa Anda terapkan.

Jika Anda menerapkan cara ini, Anda juga harus memperhatikan cara pemotongan daun lidah buaya. Usahakan ketika Anda memotong daun lidah buaya, gunakan pisau yang bersih dan tajam. Supaya pengambilan bibit menjadi bagus dan terhindar dari infeksi. Agar daun tidak rusak, usahakan untuk memotongnya dari atas kebawah.

Pada proses selanjutnya yaitu pendiaman daun lidah buaya selama dua minggu. Letakkan daun tersebut di tempat yang hangat hingga terbentuk lapisan tipis pada bagian yang dipotong. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya infeksi terhadap daun lidah buaya yang ditanam. Hindari media tanam yang terlalu basah, karena akan membuat daun mudah busuk.

Gunakanlah pot yang memiliki lubang, hal ini bermanfaat untuk mempermudah sirkulasi air supaya cepat keluar dari pot. Sebab, tanaman ini tidak menyukai air yang menggenang. Air yang menggenang justru akan membuat tanaman mudah membusuk.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa lidah buaya memiliki sifat yang hampir mirip dengan kaktus. Oleh karena itu, tanaman ini juga memerlukan tanah yang khusus. Tanah yang digunakan untuk menanam lidah buaya harus dicampur dengan sedikit pasir. Selain itu, lebih baik lagi jika memberikan kerikil sebelum Anda memasukkan tanah kedalam pot.

Setelah tanah di dalam pot sudah selesai, langkah selanjutnya adalah dengan menancapkan potongan batang lidah buaya ke dalam tanah yang ada di pot. Pastikan sepertiga bagian batang tertutup oleh tanah. Sebelum melakukan penanaman, cobalah untuk mencelupkan batang kedalam hormon pertumbuhan akar, atau bisa juga dengan menggunakan madu dan bubuk kayu manis yang berfungsi sebagai pembunuh bakteri supaya batang tetap bersih dan tidak terinfeksi.

Cara menanam lidah buaya yang terakhir yaitu dengan menentukan tempat peletakan tanaman tersebut. Usahakan letakkan tanaman lidah buaya di tempat yang cerah dan juga hangat. Setelah itu, tunggu hingga tanah benar-benar kering dan Anda bisa menyiramnya kembali.

Cara menanam lidah buaya menggunakan anakan

Cara menanam lidah buaya menggunakan anakan

Cara selanjutnya adalah menanam lidah buaya menggunakan anakan. Cara ini memiliki tingkat presentasi tumbuh lebih tinggi. Para petani lebih banyak yang menggunakan teknik ini, karena dirasa tidak sulit seperti menggunakan batang, dan hasilnya pun maksimal.

Dalam menerapkan cara menanam lidah buaya dengan anakan, Anda harus memilih anakan yang berkualitas. Sebab hal ini sangat mempengaruhi hasil akhir dari tanaman lidah buaya tersebut. Anakan lidah buaya biasanya tumbuh di sekitar pangkal pohon induk dan memiliki warna yang lebih cerah serta memiliki rangkaian akar sendiri.

Adapun beberapa cara membuat bibit lidah buaya dengan kualitas yang bagus dan berkualitas. Supaya tanaman yang dihasilkan memiliki kualitas yang tinggi maka pilih bibit yang telah berusia sekitar 5-6 bulan. Di usia ini, biasanya lidah buaya sudah tumbuh anakan. Jika sudah ada anakan maka biarkan sekitar 1-2 bulan bersama induknya. Setelah itu, ketika anakan sudah memiliki 5-6 daun dan tingginya sudah mencapai 20-30 cm, maka baru bisa dipisahkan dengan induknya.

Namun, Anda harus hati-hati ketika akan mencabut anakannya agar induknya tidak rusak ataupun mati. Setelah itu, seleksi anakan yang telah Anda ambil.

Selain itu, langkah selanjutnya yakni mempersiapkan lahan untuk menanam anakan lidah buaya. Media tanah yang digunakan harus digemburkan terlebih dahulu menggunakan cangkul. Jika sudah, tambahkan pupuk bisa berupa pupuk kandang agar lebih subur.

Jika tidak memiliki lahan luas, Anda juga bisa menanam dengan media pot atau polybag. Namun, sebelum Anda mulai menanam bibit lidah buaya, berilah batu atau kerikil ke dalam pot atau polybag. Hal ini bertujuan supaya air dapat keluar dengan mudah, baru setelah kerikil dimasukkan, Anda bisa memasukkan tanah.

Yang perlu diperhatikan, usahakan untuk menaman pada waktu yang tepat yakni di pagi hari sebelum jam 9 atau pada sore hari setelah jam 4 sore. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menanam bagian akar dan pangkal batang lidah buaya dulu.  Setelah itu, taburkan tanah hingga bagian akar saja, namun hindari bagian daun tertutup sepenuhnya karena hal itu akan menyebabkan lidah buaya membusuk.

Cara menanam lidah buaya dengan menggunakan bibit dirasa lebih mudah dilakukan dan memiliki presentase yang tinggi untuk tumbuh dan menghasilkan tanaman lidah buaya yang berkualitas. Oleh karena itu, Anda juga bisa menerapkan cara tersebut jika Anda ingin menanam lidah buaya di rumah.

Itulah beberapa cara menanam lidah buaya dengan baik dan benar. Anda bisa memilih salah satu cara yang menurut Anda mudah dan bisa dilakukan di rumah.