Budidaya dan Cara Menanam Rumput Jepang untuk Halaman Rumah

Rumput jepang banyak di pilih untuk menutupi halaman rumah agar tampak lebih cantik dan indah. Namun, tidak semua orang mengerti bagaimana cara menanam dan membudidayakan rumput tersebut. Apabila Anda tertarik untuk merawat rumput ini untuk rumah Anda, berikut merupakan cara menanam rumput Jepang yang mudah dan bisa dilakukan oleh pemula.

Bagaimana Cara Menanam Rumput Jepang?

Rumput jepang memiliki tekstur yang pendek dan agak kasar, berbeda dengan jenis rumput hias lainnya. Sehingga, rumput ini dirasa tepat untuk dirawat di halaman rumah karena terlihat menarik, minimalis dan mudah dalam perawatannya. Berikut langkah yang tepat untuk menanam jenis rumput ini.

  • Mempersiapkan Bibit

bibit rumput jepang

Anda bisa membeli bibit rumput ini dalam bentuk bijian, ataupun dengan bentuk bongkahan. Lebih mudah untuk memilih bibit yang telah menjadi rumput karena tidak perlu menyemaikannya terlebih dahulu. Pembelian rumput bongkahan dijual per meter. Anda bisa membelinya di tempat penjual tanaman hias.

Jika Anda membeli bibit rumput yang telah tumbuh, perhatikan dengan seksama bibit tersebut. Bibit yang baik berwarna hijau segar, kaku, tidak layu, sehat dan tidak memiliki hama maupun penyakit di dalamnya.

  • Penyemaian Bibit

Langkah selanjutnya dalam cara menanam rumput jepang adalah dengan memisahkan bibit ke dalam kelompok-kelompok kecil. Ini dilakukan agar penanaman mudah untuk dilakukan. Lakukan pemisahan secara berhati-hati, dan perhatikan akarnya tidak terputus. Karena tanpa akar, rumput jepang akan sulit untuk tumbuh kembali.

  • Membuat Lahan Tanam

lahan rumput jepang

Berikutnya, Anda bisa mempersiapkan lahan taman yang sesuai untuk menanam bibit tersebut. Untuk membuat lahan tanam yang ideal untuk tumbuh kembang rumput jepang, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Lahan yang dipilih digemburkan tanahnya terlebih dahulu, boleh menggunakan cangkul maupun garu. Sebab cara menanam benih rumput jepang tidak boleh sembarangan. Lahan yang baik akan membuat tumbuh kembangnya makin optimal.
  2. Apabila sudah selesai, ratakan tanah agar tidak bergelombang. Ini akan membuat rumput jepang tumbuh dengan merata dan tidak bergerombol di tanah tertentu.
  3. Setelah dirasa cukup, taburkan pupuk kandang maupun pupuk kompos untuk mempermudah penyerapan nutrisi awal bagi rumput yang baru tumbuh. Perbandingan yang digunakan adalah 2:5, dimana tiap meternya, diperlukan 2,5 kg pupuk kandang.
  4. Setelah selesai, siram lahan yang telah diberi pupuk dengan air, agar meresap secara sempurna di dalam tanah. Biarkan selama semingguan sebelum penanaman rumput dilakukan.
  • Menanam Rumput Jepang

menanam rumput jepang

Cara menanam rumput jepang selanjutnya adalah memulai penanaman. Anda harus menyiram rumput yang hendak di tanam terlebih dahulu sebelum di aplikasikan ke lahan penanaman. Fungsinya untuk menghilangkan kotoran yang sekiranya menempel di akar atau daun tanaman.

Akan lebih baik apabila Anda melakukan penanaman di sore hari, sebab setelah penanaman, rumput jepang tidak terkena matahari secara langsung dan memiliki waktu beradaptasi dengan tanah dan lahan yang baru.

Buat lubang dengan jarak 10 cm x 10 cm, kemudian tanam bibit rumput ke lahan tersebut, tutup lubang dan ratakan dengan tanah. Siram air setelah semua proses selesai secara merata. Satu minggu selama masa penanaman awal, lakukan penyiraman secara teratur di pagi dan sore hari.

  • Penyiraman Lanjutan

Lakukan penyiraman secara rutin setelah penanaman dilakukan. Cara menanam rumput jepang memang perlu pengairan yang intensif agar warnanya hijau merata. Jika menanam di musim kemarau, Anda harus menyiramnya dua kali sehari, di pagi dan sore hari. Sedangkan jika penanaman dilakukan di musim hujan, penyiraman bisa disesuaikan dengan intensitas hujan.

  • Pemberian Pupuk

Walaupun berupa rumput, rumput jepang bukanlah gulma disini. Sebab ia sengaja ditanam untuk menjadi penutup tanah. Maka pemberian pupuk harus dilakukan untuk membuatnya tetap hijau dan tumbuh dengan subur. Dua minggu setelah penanaman, Anda perlu memberinya pupuk urea. Takarannya sekitar setengah kilogram untuk 10 meter.

Apabila sudah berumur lebih lanjut, pemberian pupuk bisa lebih jarang diberikan. Sebab rumput telah mampu menyerap mandiri berbagai nutrisi yang ada di tanah. Setelah 1,5 bulan, Anda bisa memberikan pupuk jenis TSP untuk menambah nutrisi. Takaran yang digunakan sama dengan pupuk urea.

  • Pemangkasan dan Penyiangan

Langkah selanjutnya dalam  cara menanam rumput jepang adalah mencabuti tumbuhan liar yang sekiranya hidup berdampingan dengan rumput tersebut. Apabila dibiarkan, gulma ini akan menyerap nutrisi tanah yang seharusnya diambil oleh rumput jepang. Ini akan membuat rumput jepang tumbuh tidak seragam.

Selain gulma, Anda perlu memperhatikan apabila ada hewan ataupun serangga yang menganggu tumbuh kembang rumput jepang. Misalnya belalang, ulat maupun siput. Mereka akan membuat tanaman tumbuh tidak merata. Selain itu, akan membuat mengurangi keindahan penampilan, sebab daunnya menjadi berlubang.

Jika tidak parah, Anda tidak perlu menggunakan pestisida. Walaupun memberikan efek yang cepat dengan membunuh serangga maupun hewan pengganggu lain, namun ia akan memberikan dampak yang buruk bagi lingkungan dan sanitasi air.

Pemangkasan dilakukan ketika rumput telah berumur 3 bulan atau lebih.  Pemangkasan dilakukan agar rumput tidak terlalu tebal dan menghalangi sinar matahari untuk ujung batangnya. Cara menanam rumput jepangharus dibarengi dengan pemangkasan yang rutin, agar rumput tidak menguning.

Apabila dibiarkan tumbuh terus tanpa pemangkasan, warna rumput akan berubah dari warna hijau menjadi kuning kecoklatan, kuning hingga hitam. Jika tetap dibiarkan, ini akan menular dan membuat rumput di sekitarnya juga turut mengalami gejala serupa.

  • Perawatan Akhir

Setelah berumur sekitar 5 bulan lebih, rumput jepang telah tumbuh dengan subur. Anda akan melihat hamparan rumput yang hijau dan tertata dengan rapi. Kini, Anda hanya perlu merawatnya dengan baik tanpa perlu perawatan sebelumnya yang terbilang intensif.

Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk tetap membuatnya tumbuh kembang dengan baik adalah dengan tetap melakukan penyiraman apabila dirasa tanah sudah terlalu kering, memberikan pupuk 2-3 bulan sekali untuk membuatnya tetap subur, dan memangkasnya secara rutin agar tetap terkena sinar matahari dengan baik. Cara menanam rumput jepang memang tidak mudah, namun hasilnya akan sebanding dengan usaha keras Anda untuk membuatnya tumbuh subur di halaman Anda. Ciri-ciri rumput jepang yang baik adalah berwarna hijau segar, kuat dan tumbuh secara merata.